Belanja Online

Belanja Online?

Sudah daapat tempat belanja online nyaman?

Snack Keeper

Snack Keeper

Simpan dimana ya???

Posted by Griya Busana Era

Cantik=Anggun

Rumah Belanja Nyaman, Aman, Praktis

Jumat, 10 April 2009

FUTURES : Kiat 1, Siasat Dasar Dalam Perdagangan Berjangka

Sebelum Anda menanamkan sebagian modal di pasar berjangka, sebaiknya perlu mengerti terlebih dahulu bagaimana perhtungan untung-ruginya. Terlebih jika Anda ingin bertransaksi sendiri tanpa bantuan dari seorang penasihat keuangan, pemahaman itu sangat penting.
Banyak sekali siasat yang digunakan oleh investor di pasar berjangka untuk mendapatkan untung, tetapi pada dasarnya boleh dikatakan bahwa dua siasat berikut ini paling banyak diterapkan dan juga mudah untuk diikuti, yaitu membuka suatu posisi beli untuk mengambil untung dari kenaikan harga yang diharapkan atau membuka suatu posisi jual untuk mengambil untung dari penurunan harga yang diharapkan.
Seoranga investor yang memperkirakan bahwa harga suatu valuta asing atau indeks saham akan menguat di masa yang akan datang dapat mencari untung dengan membeli kontrak berjangka.
Apabila dia tepat dalam meramalkan arah pergerakan arah pergerakan harga maupun titik masuk di pasar, dia bisa menjual kontrak berjangkanya di kemudian hari pada harga yang lebih tinggi dan dengan demikian memperoleh suatu keuntungan.
Namun, jika sebaliknya harganya ternyata turun, transaksi itu tentu saja akan menghasilkan suatu kerugian.
Sebagai contoh, anggap saja bahwa nilai tukar €uro terhadap dolar AS (EUR/US$) pada saat ini adalah 1,3025 dan Anda memperkirakan €uro akan menguat hingga bulan depan karena bank sentral di Eropa kemuingkinan besar akan menaikkan tingkat suku bunganya dan perekonomian di AS masih akan melambat lebih jauh.
Jadi Anda mengambil keputusan untuk membuka rekening di suatu pialang berjangka dan membelu suatu kontrak EUR/US$. Asumsi lebih lanjut bahwa pada bulan April nilai tukar EUR/US$ ternyata naik ke 1,3275 dan Anda memutuskan untuk mengambil untung dengan menjual.
Karena setiap poin kenaikan atau penurunan dalam €uro sama dengan atau bernilai US$10, keuntungan Anda sebesar 250 poin pada akhirnya akan menghasilkan US$2.500 AS dikurangi biaya transaksi.
Namun, jika seandainya nilai tukar EUR/US$ justr melemah daripada menguat sampai ke level 1,2900 dan Anda memilih untuk melikuidasu posisi Anda pada harga tersebut, Anda akan menderita kerugian 125 poin atau US$1,250
Perlu juga saya mencatatkan bahwa keuntungan maupun kerugian dalam contoh-contoh di atas belum memperhitungkan biaya yang berhubungan dengan transaksi di pasar valuta asing.
Anda sebagai seorang pemodal selalu harus memerhatikan semua biaya, termasuk bunga yang diterima atau harus dibayar, khususnya bagi Anda yang merupakan tipe investor yang aktif memperdagangkan kontrak berjangka di pasar valuta asing dalam jumlah yang besar.
Biaya transaksi itu sendiri meliputi komisi dan spread (perbedaan antara harga beli dan harga jual) yang dikenakan maupun suku bunga yang seringkali harus dibayar atau Anda menerima bunga (tergantung posisi terbuka atau yang Anda buka, Beli atau Jual) yang Anda pertahankan lebih dari satu hari.
Dengan kata lain, untuk meraih sukses di pasar berjangka, Anda seharusnya memperhitungkan semua biaya yang terkat dengan transaksi Anda secara cermat sebelum masuk ke pasar sehingga bisa memperoleh keuntungan yang smaksimal mungkin.
Pada artikel berikutnya, saya akan coba menjelaskan bagaimana Anda juga dapat mencar untung dengan menjual terlebih dahulu dan membeli kembali suatu kontrak berjangka di kemudian hari. Ini adalah suatu siasat yang ditawarkan oleh bursa berjangka dan tidak dapat dimanfaatkan oleh komunitas investor di pasar modal selam ini.
Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan selamat berinvestasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

back to top