Belanja Online

Belanja Online?

Sudah daapat tempat belanja online nyaman?

Snack Keeper

Snack Keeper

Simpan dimana ya???

Posted by Griya Busana Era

Cantik=Anggun

Rumah Belanja Nyaman, Aman, Praktis

Minggu, 10 Mei 2009

KLINIK INVESTASI : Kiat Investasi di Perdagangan Berjangka

Di antara berbagai macam instrument investasi yang ada di pasar, salah satu di antaranya, yang mungkin juga belum terlalu akrab dengan para investor di Indonesia, adalah instrumen kontrak berjangka komoditi.
Investasi pada kontrak berjangka komoditi diartikan sebagai kegiatan jual-beli komoditi/asset dengan penyerahan kemudian berdasarkan kontrak berjangka. Ada beberapa karakteristik yang menjadi kekhususan dari instrument investasi ini, antara lain adanya kontrak standar, adanya margin, dan bahwa penyerahan komoditi secara fisik bukan menjadi tujuan utama.

Instrumen investasi kontrak berjangka komoditi ini memiliki kekhususan di mana tujuan dari investasi ini adalah untuk memanajemen risiko dari portofolio investasi seorang investor. Hal ini dapat dilakukan karena untuk memulai sebuah transaksi berjangka tidak dibutuhkan uang dengan jumlah sebesar harga komoditi yang ingin dibeli. Investor hanya perlu mendepositkan sejumlah uang dengan margin 5-10% dari harga komoditi yang diperdagangkan. Hal lain yang menarik dari instrumen ini adalah bahwa para investor dapat masuk ke pasar baik pada saat pasar bergerak BEARISH maupun BULLISH. Keuntungan juga dapat diperoleh baik pada saat harga turun maupun pada saat harga naik. Jika investor ingin melikuidasi dananya ia dapat memilih untuk mendapatkan komoditi fisik atau dengan CASH SETTLEMENT. Pembentukan harga pada investasi ini semata-mata didasarkan pada indikator penawaran dan permintaan.

Meskipun sangat menarik para investor sebaiknya benar-benar memahami bahwa return yang besar pasti juga disertai dengan risiko yang seimbang. Kondisi ini juga berlaku bagi investasi pada kontrak berjangka komoditi ini. Para pemain yang dianjurkan untuk masuk ke dalam jenis investasi ini haruslah yang memiliki syarat-syarat sebagai berikut:
1. Memiliki pengertian dan pemahaman yang sangat baik tentang kondisi pasar dan aturan-aturan dalam investasei berjangka
2. Dana yang dimiliki haruslah berlebih. Bagi orang-orang yang tidak memiliki dana berlebih, tidak dianjurkan untuk masuk ke dalam investasi ini karena risiko yang sangat tinggi.
3. Pelaku investasi ini harus matang dalam emosi dan siap menanggung risiko yang besar.

Dari beberapa syarat bagi seorang investor berjangka, yang terpenting adalah kesiapan untuk menanggung risiko. Dengan demikian investasi ini tidak cocok dilakukan dengan menggunakan 100% permodalan dan dilakukan oleh orang-orang pada posisi pemegang dana yang bukan milik pribadi, seperti bendahara.

Mengingat banyaknya kasus di mana para investor tertipu oleh pihak-pihak yang mengaku sebagai pialang berjangka, perlu diketahui tips-tips untuk memilih pialang berjangka yang dapat mewakili investasi Anda. Umumnya mereka yang tertipu tergiur oleh janji keuntungan yang sangat besar dengan risiko yang hampir tidak ada. Perlu sekali diingat oleh siapa pun yang ingin berinvestasi bahwa setiap investasi pasti memiliki risiko. Terutama sekali dengan investasi yang memberikan return yang tinggi, risiko yang dihadapi juga pasti tinggi.

Adapun tips-tips yang harus diperhatikan untuk memilih pialang berjangka adalah:
1. Pastikan perusahaan pialang Anda memang memiliki ijin sebagai pialang berjangka dan terdaftar sebagai anggota bursa berjangka.
2. Pastikan pula perusahan pialang Anda memberlakukan SPREAD dan KOMISI yang sudah sesuai dengan ketentuan. Jangan ijinkan diri Anda dikenai spread maupun komisi yang terlalu tinggi.
3. Pastikan perusahaan pialang Anda memberikan pelayanan dan sarana yang baik.
4. Pastikan perusahaan pialang Anda memiliki reputasi yang baik.
5. Jangan percaya kepada perusahaan pialang yang menjanjikan FIXED INCOME. Sekali lagi ditekankan bahwa investasi berjangka adalah investasi yang memiliki return dan risiko yang cukup tinggi sehingga tidak mungkin ada tingkat return tertentu yang dapat dijaminkan.
6. Pastikan pula Anda memperoleh penjelasan tentang kemungkinan risiko dengan sejelas-jelasnya.

Semoga dengan penjelasan tentang investasi berjangka komoditi ini Anda dapat memperoleh pencerahan dan dapat mempertimbangkan sara investasi berjangka ini sebagai salah satu portofolio investasi Anda. Selamat berinvestasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

back to top